Minggu, 08 November 2015

#SIP Evolusi-evolusi CBIS



Setelah membahas tentang CBIS (computer basis information system), lalu sekarang saya akan membahas tentang evolusi CBIS itu sendiri. CBIS berevolusi mulai dari fokus awal pada data (bagaimana mendapatkan data), kemudian focus baru pada informasi (bagaimana mengolah data), fokus revisi pada keputusan (SPK), fokus kini pada komunikasi (otomatisasi perkantoran), dan fokus potensial pada konsultasi (sistem pakar). Suatu model CBIS sebenarnya mengacu pada evolusi sistem invormasi yang berbaiskan komputer yang tahapannya mempeliharakan perkembangan kemajuan teknologi sistem informasi sekaligus pemanfaatannya oleh orang-orang yang berkepentingan dalam perusahaan.

            a. berfokus pada data
Sistem informasi akuntansi melaksanakan akuntansi perusahaan, aplikasi ini ditandai dengan penngolahan data yang tinggi. Manipulasi atau transformasi simbol-simbol seperti angka dan abjad untuk tujuan meningkatkan kegunaannya. Pengolahan data perusahaan dengan AIS (Accounting Information System) atau ada yang mengistilahkannya dengan TPS (Transaction Information System) yang hasilnya digunakan oleh pejabat di tinggkat bawah.
Contoh Sistem Informasi Akuntansi, Sistem terdistribusi yang digunakan perusahaan distribusi yaitu perusahaan yang mendistribusikan produk dan jasanya ke pelanggan (mis : perusahaan yang berorientasi produk seperti : manufaktur, pedagang besar, pengecer dll).
b. berfokus pada informasi
Sistem komputer yang interaktif yang membantu pembuat keputusan dalam menggunakan & memanfaatkan data & model untuk memecahkan masalah yang tidak terstruktur. Konsep ini menghendaki bahwa aplikasi komputer mempunyai tujuan utama untuk menyajikan informasi manajemen.
Tujuannya adalah  Memenuhi kebutuhan informasi umum semua manajer dalam perusahaan atau dalam sub unit organisasional perusahaan (subunit dapat disasarkan pada area fungsional atau tingkatan manajemen)
c. berfokus pada komunikasi
Semua sistem elektronik formal & informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi ke dan dari orang-orang di dalam maupun di luar perusahaan.
Fungsi OA adalah :Untuk memudahkan segala jenis komunikasi baik lisan maupun tulisan & menyediakan informasi yang lebih baik untuk pengambilan keputusan.
d. berfokus pada konsultasi
Program komputer yang berfungsi seperti manusia, yaitu memberi konsultasi kepada pemakai mengenai cara pemecahan masalah.
Komponen sistem pakar :
1. user interface: memungkinkan pemakai untuk dapat berinteraksi dengan sistem pakar
2. knowledge base: menyeimpan pengetahuan gabungan yg digunakan untuk memecahkan masalah tertentu.
3. inference engine: memberikan kemampuan penalaran yang menginterpretasikan isi dari knowledge base
4. development engine: digunakan oleh ahli dan analisis system untuk menciptakan sistem pakar.

Umar H, (2005).  Evaluasi kinerja perusahaan. Jakarta: Gramedia pustaka utama.
Harya. (2012). Evolusi dan aplikasi sistem informasi berbasis komputer. Depok: Universitas  Gunadarma.harya.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/2710 /evolusi+%26+aplikasi+SI+berbasis+komputer.pdf diakses pada tanggal 03 November 2015 pukul 15.00 WIB
Margianti, E, S., & Suryadi. (1996). Sistem informasi manajemen. Depok: Universitas Gunadarma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar