Rabu, 02 Oktober 2013

PENGERTIAN NETIQUETTE, FLOMING, TROLLING, JUNKING


A. NETIQUETTE
Netiquette merupakan Etika dalam menggunakan Internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet.
Pada dasarnya netiquette merupakan panduan untuk bersikap dan berperilaku atau aturan sesuai dengan kaidah normatif di lingkungan Internet. Dengan mematuhi peraturan ini, maka akan sangat bermanfaat dan membantu Anda dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain tanpa harus mengalami masalah atau tanpa harus mengalami salah pengertian dengan orang lain.

Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah:
  1. Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall.
  2.  Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengunggah data pribadi anda.
  3.  Anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju telah dijamin keamanannya.
Dan yang paling utama adalah menghargai pengguna lain diinternet dengan cara:
   Ø  Jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
  Ø Jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalkan melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit.
  Ø Jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
Contoh kasus netiquette
Ada seseorang yang membuat thread di www.kaskus.us tentang penjualan barang elektronik yaitu handphone lalu di thread yang di postkan oleh orang tadi itu ada orang yg mengomentari threadnya dengan cara memaki-maki mengeluarkan kata-kata yang sangat kasar dan menjatuhkan reputasi si pembuat thread tersebut.  lalu comment itu pun langsung di hapus oleh admin yg bertugas di situs tersebut.

B. FLAMING
Flaming adalah tindakan provokasi, mengejek, ataupun penghinaan yang
menyinggung user lainnya atau Flaming berarti memanas-manasi keadaan
suatu tempat sehingga terjadi perdebatan.

CONTOH KASUS, topik forum diskusi dapat “Memilih motor merk A atau merk B.” Beberapa pengguna motor merk A dapat memposting pesan sombong tentang kecanggihan dari merk A tersebut, yang pada gilirannya mendorong respon dari pengguna motor merk B seolah tidak mau kalah. Pengguna merk A kemudian dapat membalas lagi dengan menjelek-jelekkan merk B sehingga berujung perang.

C. TROLLING
Trolling diartikan sebagai kegiatan memposting tulisan atau pesan menghasut dan seringkali tidak relevan dengan topik yang dibicarakan di komunitas online seperti forum, chatting, blog, atau juga social network. Tujuan dari trolling ini adalah memprovokasi dan memancing emosi para pengguna internet lainnya. Dalam dunia internet, pelaku trolling ini disebut troller.

CONTOH KASUS, komentar seseorang ketika melihat temannya memasang foto yang berbeda dengan yang aslinya “ bro kok foto lu di twitter jadi cakep amat? Lu edit pake photoshop ya?”

D.                D.JUNKING
Junk adalah kata kata yang tidak berguna untuk di post seperti comment comment yang tidak penting. Junking ini juga biasanya terjadi pada email yang sering disebut junk mail. Kita mendapat email yang tidak penting seperti iklan iklan atau produk apapun yang sebenarnya belum kita ikuti.
Contoh kata-kata JUNK :
- Troopers A : fotonya cantik
- Troopers B : blab la bla
- Troopers C : ihh apa sih dia 
- Troopers D : thanks untuk info < Contoh Bukan junk >






Tidak ada komentar:

Posting Komentar