Jumat, 12 Oktober 2012

latar belakang dan harapan bagi mahasiswa

Ilmu Budaya Dasar adalah salah satu mata kuliah yang membicarakan tentang nilai-nilai, tentang kebudayaan, tentang berbagai macam masalah yang dihadapi manusia dalam kehidpan sehari-hari. 

Latar belakang IBD dalam konteks budaya, Negara dan masyarakat Indonesia berkaitan dengan permasalahan sebagi berikut :
1. Kenyatan bahwa bangsa Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa dengan segala keanekaragaman budaya yang tercermin dalam berbagai aspek kebudayaanya, yang biasanya tidak terlepas dari ikatan-ikatan primordial, kesukuan dan kedaerahan.

2. Proses pembagunan yang sedang berlangsung dan terus-menerus menimbulkan dampak positif dan negative berupa terjadinya perubahan dan pergeseran nilai budaya sehingga dengan sendirinya mental manusiapun terkena pengaruhnya.

3. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya sehingga manusia bingung sendiri terhadap kemajuan yang telah diciptakannya. Akibat dari dampak negatif teknologi, manusia kini menjadi resah dan gelisah.


TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR bagi mahasiswa psikologi
Untuk bisa menjangkau tujuan Ilmu dasar diharapkan dapat :
1. Mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, terutama untuk kepentingan profesi mereka.
2. Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk memperluas pandangan terhadap masalah kemanusiaan dan budaya.
3. Mengusahakan agar mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa tidak jatuh kedalam sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat. Dan sangat pula diharapkan lebih lancer dalam berkomunikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar