Sistem pakar
Secara
umum, sistem pakar adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia
ke komputer yang dirancang untuk memodelkan kemampuan menyelesaikan masalah
seperti layaknya seorang pakar. Ini merupakan bagian software spesialisasi
tingkat tinggi yang berusaha menduplikasi fungsi seorang pakar dalam satu
bidang keahlian. Program ini bertindak sebagai seorang ahli yang menjadi
konsultan yang cerdas dan menjadi penasihat dalam lingkungan keahlian tertentu,
sebagai hasil himpunan pengetahuan yang telah dikumpulkan dari beberapa
orang pakar. Sistem pakar tidak untuk menggantikan kedudukan seorang pakar
tetapi untuk memasyaratkan pengetahuan dan pengalaman pakar tersebut. Menurut
Efraim Turban, sistem pakar harus mengandung: keahlian, ahli, pengalihan
keahlian, inferensi, aturan dan kemampuan menjelaskan. Hal ini bisa terjadi
karena sistem pakar dianggap begitu penting dan diharapkan dapat diperkenalkan
pada masyarakat luas. Sistem pakar dikembangkan pertama kali oleh
komunitas AI tahun 1960an. Sistem pakar yang pertama adalah General Purpose
Problem Solver (GPS) yang dikembangkan oleh Newel Simon.
Kaitannya
yaitu :
AI dan
sistem pakar sama-sama memudahkan penyelesaian masalah manusia seperti dalam
perhitungan, dan biasanya akan lebih konsisten dalam menerapkan logika sebab
digunakannya dalam metode heuristic. AI dan Sistem Pakar persamaannya berbasis
komputer yang terdapat adanya fakta, pengetahuan, dan memecahkan masalah yang
biasanya dilakukan para ahli.
Perbedaan AI
dan Sistem Pakar yaitu :
Sistem pakar
lebih mengacu pada perancangnya sendiri sebagai objek dalam menghasilkan sebuah
hasil yang maksimal,
biasanya
Sistem Pakar berupa perangkat lunak pengambil keputusan yang mampu mencapai
tingkat performa yang sebanding seorang pakar dalam bidang problem yang khusus
dan sempit. sedangkan AI lebih mengacu kepada jalur yang berorientasi pada
hardware guna mencapai yang maksimal, perangkat lunak AI berbasis representasi
serta manipulasi simbolik. Di sini simbol tersebut berupa huruf, kata, atau
angka yang merepresentasikan obyek, proses dan hubungan keduanya.
ELIZA, Salah satu program komputer
pertama yang mampu berkomunikasi, yang ditulis oleh Joseph Weizenbaum (1996).
Beberapa revisi atas Eliza telah dibuat dari konsep aslinya. Pada satu program
yang spesifik, bernama DOCTOR, Eliza mengambil peran seperti seorang psikiater.
Weizenbaum
berharap Eliza dapat menembus dinding pembatas antara komputer dan manusia.
Eliza termasuk kedalam sistem pakar.
PARRY, Colby, Hilf,
Webber dan Kraemer (1972) mensimulasikan seorang pasien, dan menyebut program
ini PARRY, karena ia mesimulasikan seorang pasien paranoid.
NETtalk, Program ini
jenisnya cukup berbeda progam ini jenisnya cukup berbeda, berdasarkan pada
jaring-jaring neuron, sehingga dinamakan NETtalk. Program ini dikembangkan oleh
Sejnowki disekolah medis harvard dan Rosenberg di universitas Princeton. Dalam
program ini, NETtalk membaca tulisan dan mengucapkannya keras – keras.
hendrik.staff.gunadarma.ac.id
Solso,
R. L., Maclin, O. H., Maclin, M. K. (2009). Psikologi Kognitif. Jakarta:
Erlangga
http://web.unair.ac.id/admin/file/f_12451_23ssd.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar