Minggu, 11 Oktober 2015

#SIP PENGERTIAN SISTEM INFORMASI DAN SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

 
 *     Sistem adalah  kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Pengertian informasi dari beberapa tokoh yaitu:
 *  Abdul Kadir (2002); McFadden dkk (1999) mendefinisikan informasi sebagai data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut.  Azhar Susanto (2004) dalam bukunya Sistem Informasi Akuntansi, menyatakan bahwa informasi adalah hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat.

Jadi dapat disimpulkan sistem informasi adalah hasil pengolahan data yang dapat meningkatkan pengetahuan seseorang yang memiliki arti dan bermanfaat.

 * Sistem informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud dengan menata jaringan komunikasi yang penting, proses transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat (john F. Nash, 1995).
Sistem informasi juga dapat dapat dikatakan sebuah sistem terintegritasi atau sistem manusia-mesin, untuk menyediakan informasi untuk mendukung operasi, manajemen dalam suatu organisasi.
 *    Komponen Sistem Informasi terbagi menjadi :
·         Perangkat keras (hardware)
·         Perangkat lunak (software) atau program
·         Prosedur
·         Orang
·         Basis data (database)
·         Jaringan komputer dan komunikasi data
 *      Pengertian psikologi
Ditinjau dari segi bahasa, Psikologi berasal dari kata Psyche yang artinya Jiwa dan logos yang artinya ilmu pengetahuan. Jadi, Psikologi berarti ilmu pengetahuan tentang jiwa atau ilmu jiwa. Psikologi sebagai ilmu pengetahun dengan pendekatan ilmiah dipelajari melalui penelitian-penelitian ilmiah
 *      Sistem informasi psikologi
Sistem informasi psikologi adalah suatu sistem kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi yang berinteraksi untuk mempelajari perilaku, sebagai manifestasi dari kesadaran, proses mental aktifitas motorik, kognitif dan juga emosional.




Sumber:
Basuki, Heru A.M, 2008. Psikologi Umum. Jakarta. Universitas Gunadarma.



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar